BEGITULAH KATA MUKIDI

Yeah, akhirnya bisa nongol lagi di blog tercinta ini. Wah hampir, lupa sebelumnya saya sampaikan selamat makan buat saudara-saudara semua yang lagi menikmati makan siang. Apa kabar kalian semua? Semoga sedang dalam keadaan sehat dan sukses. Bagi yang sakit loyo, lemah, rheumatik, pegel linu, panu, kadas, kurap, kutu air dan penyakit hati, saya do’akan semoga lekas sembuh dan lekas berbahagia serta selalu mendaparkan keberuntungan dan kesuksesan. Amiin.

Awalnya saya pesimis kalau di hari ini bisa posting kembali di blog ini. Kenapa pesimis? Karena disamping pekerjaan yang menumpuk, modem yang biasa saya pakai buat googling-googling, semalam tak bisa digunakan. Ternyata diluar dugaan, hari ini saya masih sempat untuk posting sekaligus sebagai curahan hati saya atas peristiwa tenggelamnya kisah cinta saya, eh… tentang berbagai hal yang terjadi pada beberapa hari terakhir ini.

Kejadian pertama adalah runtuhnya hati kami, halah…. Runtuhnya laptop ini. Rusak berat! Alhasil harus diinstall ulang lagi.

Biasa kan seperti itu. Ya biasa! Tapi ini kejadian yang sangat ruarrr biasa. Bagaimana tidak biasa di luar, luar biasa maksudnya, lha wong laptop yang saya elus-elus ini tergolong baru dan masih kinyis-kinyis keyboardnya.

Software juga baru beberapa bulan yang lalu saya perbarui. Tapi lha kok rusak? Inilah yang disebut sebagai takdir ilahi. *Bukan takdir dan doyok πŸ˜‰

Yang menyebabkan hati ini menjadi terlebay-lebay adalah….. DAPODIK belum sinkron! Akhirnya pekerjaan saya kembali ke titik NOL. Huft, sia-sia sudah pekerjaan saya selama kurun waktu satu bulan ini. *Plis God… Kasih uang yang banyak ke saya dan anak cucu saya beserta keturunannya….

Cakep…. (jam tangannya)  mbuehehehe…



Melelahkan tapi mengasyikkan. Lho kok mengasyikkan mas? Karena harus kembali utak atik DAPODIK sembari menyanyikan lagunya Sheila on 7…. Aku pulaaang….. tanpa dendam…. *Kamfret sekali hidup gue!

Nah, itu kejadian yang pertama. Kejadian yang kedua, si Al batuk, panas dan diare. Sampai hari ini si Al masih sakit. Do’kan biar cepat sembuh yah. Akhirnya tidak ada posting di beberapa hari yang lalu. Sibuk lah bro πŸ™‚

Dan pesimis ngeblog saya hilang manakala beberapa menit yang lalu saya harus nyari makanan buat teman-teman kerjaan saya. Kok begitu mas? Karena saya pesan banyak makanan. Kali ini makan siangnya berupa pecel dan mendoan. Sembari menunggu mbekayu penjual pecel itu membungkus pesanan saya, ngebloglah saya sembari makan. Alhamdulillah ada juga janda muda yang lagi ikutan makan disini. Hadeuhh…. Modus!

Inilah rezeki anak shalih. Begitu kata Mukidi dalam gambaran saya. Mbuehehe….

Selamat menikmati siang yang terik ini.

Salam blogger!

TEMPLATE BLOGGER INI MENAIKKAN RANKING ALEXA

TEMPLATE BLOGGER INI MENAIKKAN RANKING ALEXA- Selamat malam kuperers semua. Belum ngantuk atau masih ngerondain cewek sebelah? Halah!

Beberapa minggu ini saya sedikit dipusingkan dengan ranking alexa blog ini yang jeblok lumayan tajam. Setajam silet! Mbuehehe…

Bagaimana tidak jeblok lha wong beberapa bulan yang lalu ranking alexa blog ini empat ratus ribuan, tiba-tiba saja semenjak lebaran, blog ini langsung anjlok ke angka dua jutaan. Walah!

Ketika blog ini baru terbangun, setiap harinya ranking alexa selalu naik. Mulai dari 5 jutaan hingga mencapai empat ratus ribuan ketika Ramadhan. Full Ramadhan saya memang tidak posting. Konsen ke ibadah puasa tentunya. *sok banget yah?

Akhirnya berdampak pada menurunnya ranking alexa. Kagak tanggung-tanggung, sampai kisaran sembilan ratus ribuan.

Saya tidak tahu, apakah turunnya alexa itu sebagai akibat dari sering bergonta-gantinya template di blog ini? Bisa jadi. Setidaknya itulah jawaban dari beberapa master yang saya kunjungi web/blog mereka.

Akhirnya saya menggunakan jurus lama saya untuk meningkatkatkan ranking alexa blog ini. Apa itu jurus-jurus yang saya praktekkan? cekidot!

Pertama, Posting satu sampai dua artikel setiap harinya. Kadang dua hari sekali πŸ™‚

Kedua, Blogwalking kurang lebih 10-30 menit setiap pagi dan sore. Tentu saja sembari meninggalkan jejak/komentar di blog yang saya kunjung.

Ketiga, Jika si pemilik blog tidak keberatan, tinggalkanlah link hidup pada kolom komentar.

Begitu saya lakukan terus menerus setiap hari. Tapi apa yang terjadi saudara-saudara? Ternyata ranking alexa blog ini masih jeblok. Bahkan terus menurun pada angka dua juta tiga ratus sekian kalau ndak salah. What’s wrong with this blog? Entahlah….

Biasanya dengan menggunakan jurus-jurus tersebut, ranking alexa saya langsung naik tajam setiap harinya. Tapi ternyata diluar terasi saya, eh, ekspetasi saya. Malah tambah turun setiap harinya. Hmmm…

TEMPLATE BLOGGER INI MENAIKKAN RANKING ALEXA

Kembali saya berselancar mengenai alexa ranking yang turun drastis ini. Dan ternyata, bukan hanya blog saya saja yang alexa-nya turun. Bahkan sekelas facebook pun konon turun drastis πŸ™‚

Saya langsung cek beberapa blog milik teman saya yang sering saya kunjungi. Kebetulan saya sedikit hafal peringkat mereka di alexa. Walah, ternyata pada turun juga cing! Mbuehehe…

Bahkan ada yang anjlok menembus angka lima jutaan (ada yang ngerasa gak yah?) Mbuehehe…

Apa ini yang sedang terjadi dengan alexa?

Namun, sebagai blogger yang kuper dan super kece, akhirnya saya memutuskan untuk tidak terlalu memikirkan ranking alexa yang turun drastis ini. Toh tujuan saya ngeblog adalah untuk berbagi cerita dan pengalaman yang syukur-syukur bermanfaat buat sobat semua. *Ngeles…

“Sepandai-pandainya jomblo pacaran, lebih pandai lagi mereka yang bener-bener pacaran.”

Sungguh, usaha untuk tidak memikirkan anjloknya ranking alexa tidak berhasil saya tanamkan di dengkul saya. Dan tiba-tiba saja, entah dari mana datangnya ini inspirasi, hati saya berbisik kepada hatimu, eh, hati saya berbisik kepada otak saya, “Kenapa tidak menggunakan template yang dulu saja. Template yang ketika itu senantiasa menaikkan ranking alexa saya dari hari kehari?”

Nah lho…


TEMPLATE BLOGGER INI MENAIKKAN RANKING ALEXA

Akhirnya dengan mengucap basmallah tanpa disertai gunting menggunting pita rambut atas, saya ganti template blog yang dulu dengan template bawaan blogger ini.

Lantas, apa yang terjadi saudara-saudara? Ternyata ranking alexa saya kembali naik. Tadinya dua juta tiga ratusan. Sekarang, pada waktu postingan ini dibuat, sudah mencapai satu juta sembilan ratusan. Hanya dalam waktu satu hari dengan dua postingan artikel dan komentar tentunya. Tapi komentar yang saya tinggalkan di beberapa blog yang saya kunjungi tidaklah sebanyak waktu dulu. Sekitar tujuh sampai sepuluh blog. Aneh juga kan? Mbuehehe…

Sampai kapan ranking alexa ini akan naik terus? Entahlah.

Yang jelas, sebagai manusia kita harus senantiasa berusaha semaksimal mungkin. Iya kan?
πŸ™‚

Nah, bagi yang alexanya sedang turun drastis, apa salahnya menggunakan template bawaan blogger ini. Siapa tahu membantu. Dan tolong catat ini, saya tidak menjamin naiknya ranking alexa kamu sob. Saya hanya berbagi pengalaman saja. Tapi apa salahnya jika dicoba kan? Ingat, langsung posting artikel. Jangan tidur sob… Mbuehehe…

Bagi yang “tidak peduli” dengan ranking alexa, teruslah berkarya. Tidak ada karya yang sia-sia.

Salam blogger !



BERKEBUN DAN MANFAATNYA

BERKEBUN DAN MANFAATNYA Assalaamu ‘alaikum dan salam penuh cinta untuk sobat semua. Apa kabar? Baik bukan? Yuk kita lanjutkan jogetnya… Berangkat!
πŸ™‚

Setelah beberapa hari memusatkan perhatian pada perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, saatnya kembali beraktivitas sebagaimana biasanya.

Untuk pekerjaan, kembali bertemu dengan web Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). Sebagai warga negara biasa, kembali bersosialisasi dengan tetangga rumah tanpa embel-embel “persaingan lomba.” Hehehe.

Dan sebagai blogger ganteng, kembali dech posting-posting berbagai cerita yang semoga menginspirasi dan bermanfaat buat saudara-saudara semua. Syukur-syukur pada mau berbagi ide, saran dan gagasan untuk menambah perbendaharaan ilmu dan pengetahuan. Yang penting, jangan berbagi kekasih hati πŸ˜‰

BERKEBUN DAN MANFAATNYA

Nah, untuk yang satu ini tak kalah pentingnya untuk saya bagi disini. Siapa tahu ada yang mau meniru amal perbuatan saya yang kece ini. Halah! Apa itu? Berkebun πŸ™‚

Berkebun tuyul apa berkebun janda mas? Pokoknya berkebun! πŸ™‚

Bagi yang memiliki lahan luas di sekitar rumah, mungkin tidak terlalu sulit untuk melakukan aktivitas berkebun ini. Tapi bagi yang lahannya sempit, bahkan mungkin tak ada lahan kosong bisa jadi berkebun merupakan hal yang teramat sulit bahkan mustahil.

Untuk saya termasuk pada kategori yang masih memiliki lahan yang lumayan lah untuk berkebun. Ada lahan kosong disebelah rumah saya. Tidak terlalu luas sih. Tapi masih bisa dimanfaatkan buat ditanami berbagai macam tanaman. Berkebun mas? Bisa dibilang seperti itu lah. Oh ya, ukuran lahan di sebelah rumah 4 x 12 M.

Sebagai orang kampung, saya sudah terbiasa melakukan hal-hal yang berhubungan dengan tanam menanam. Almarhum kakek, nenek, dan almarhum ayah saya -lah yang dulu mengajari saya cara memanfaatkan lahan kosong beserta cara menanam dan merawat beberapa jenis tanaman.

Tanaman favorit yang biasa di tanam di lahan sekitar rumah diantaranya adalah cabai, pisang, pepaya dan jambu.

Nah, khusus di rumah saya yang saya tempati saat ini, saya juga menanam beraneka macam tanaman yang menurut saya bermanfaat. Ada cabai, ketela, pisang, kunir, jahe, kelapa, mangga dan pepaya. Khusus pepaya gagal total alias tidak berbuah. Untuk sebabnya masih dalam tahap investigasi petugas rahasia pederal rumah tangga. Mbuehehe….

Berikut penampakan kebun kecil saya πŸ™‚

BERKEBUN DAN MANFAATNYA

Kalau menurut saya nih, yang namanya berkebun itu banyak manfaatnya lho. Berikut beberapa manfaat berkebun, tentu saja versi coretan blogger kuper πŸ™‚
Pertama, Tidak ada lahan yang terbuang percuma. Yupz, dengan ditanami berbagai jenis tanaman, otomatis lahan kosong kita menjadi lebih berguna. Ada hasilnya man!

Kedua, Menghemat biaya belanja rumah tangga. Contohnya tanaman cabai. Tidak perlu susah-susah keluar duit untuk membeli cabai. Lha wong tinggal petik πŸ™‚

Ketiga, Bisa dijadikan sabagai usaha sampingan. Nah ini dia buat kamu yang senang jualan. Ternyata dengan berkebun kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan uang. Caranya? Tentu saja dengan menjual aneka hasil perkebunan di rumah kita πŸ™‚
Keempat, Menyehatkan. Kok bisa? Inilah yang saya alami sendiri. Dengan berkebun, maka mau tidak mau badan kita akan terbiasa untuk bergerak setiap pagi dan sorenya, kadang siang juga. Bergerak bagaimana? Ya itu, mulai dari menyiram, menyiangi, hingga memetik/memanen. Khusus menyiram tanaman, saya sengaja menggunakan ember yang agak besar. Kenapa mas? Sekalian buat olahraga tentunya. Angkat beban bro! Mbuehehehe. Tapi jujur, dengan berkebun seperti itu, saya yang saat ini jarang berolahraga, alhamdulillah bisa berkeringat juga tuh layaknya sedang berolahraga lho πŸ™‚ Menyehatkan!

Setelah kalian membaca postingan ini, apa yang terlintas di benak kalian? Mau berkebun? Coba saja ptaktekkan. Semoga bermanfaat.

BERKEBUN DAN MANFAATNYA

Oh ya, buat kamu yang tidak memiliki lahan yang luas, sekarang sudah jaman canggih bro. Bisa kok kamu browsing-browsing via google chrome buat nyari cara berkebun di lahan yang sempit. Sudah banyak lho yang posting perihal berkebun di lahan sempit.
Intinya, jika kamu ada kemauan untuk berkebun, halangan apapun akan bisa kamu lewati. Just click on your google chrome. Cari caranya, praktekkan!
Semoga bermanfaat.
Salam blogger!
Wassalaamu ‘alaikum wr.wb.




KERJA NYATA

KERJA NYATA- Selamat sore wahai saudara sebangsa tanah dan sebangsa air. Merdeka!

Sebelumnya marilah kita ucapkan rasa syukur yang tiada terhingga kehadirat Allah SWT. Karena atas berkah dan rahmat-Nya lah kita bisa merebut kemerdekaan dan tentunya bisa menikmati wajah siapa saja di negara ini tanpa ada halangan yang berarti. Termasuk wajah mantan tentunya. Mbuehehe.

Kita memang bukan Korea, dan saya tidak mau menghadapkan Indonesia dan Korea apple to apple and mango to mango. Apalagi cabe to cabe. Tidak!

Tapi sebagai dua bangsa yang hari kemerdekaannya berjarak hanya selang beberapa hari saja, maka sebagai warga negara yang ganteng dan kece, saya berkeyakinan kalau masing-masing dari kita mau bekerja keras dengan visi yang jelas, bukan tidak mungkin kita akan dapat melebihi Korea, minimal ya sepadan. Kalau masih pesimis lagi ya mendekati lah.

Secara geografis dan masih banyak faktor pembeda lainnya, kita tidaklah mungkin menyamakan keadaan negeri kita dengan negeri ginseng sana. Terlalu jauh perbedaannya. Tapi ada satu hal yang menyamakan kita. Apa itu? kita telah sama-sama diberi kemerdekaan dan diberi senjata ampuh yang luar biasa berupa otak. Jika Korea telah maju dengan pesatnya, apa salahnya sikap optimis terbangun dalam diri kita bahwa kita juga akan mempunyai negara yang akan maju dengan cepatnya seperti Korea. Why not?

Dengan sumberdaya yang melimpah, baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia, saya yakin bahwasanya kemakmuran akan bisa kita nikmati bersama jika kita benar-benar mau bekerja cerdas πŸ™‚

KERJA NYATA

Slogan KERJA NYATA di hari kemerdekaan tahun ini saya pikir sudah sangat tepat. Kerja nyata, bukan asal kerja akan berakibat pada hasil nyata pula. Hasil yang diharapkan maksimal. Sekecil apapun pekerjaan itu, toh Tuhan pasti akan membalas dengan balasan yang lebih baik.

Kerja nyata diiringi dengan do’a. Karena Tuhan adalah penentu segalanya πŸ™‚

Dan sebagai bentuk pengamalan slogan kemerdekaan di tahun ini, maka kemarin sore, tepatnya setelah saya pulang upacara dan kerja tentunya (ndak libur coy), saya melakukan kerja nyata.

Kerja nyata tersebut berupa repek alias mencari kayu bakar. Tapi karena kayunya ogah main petak umpet sama saya, maka saya ndak jadi umpet-umpetan sama si kayu.

Beginilah bentuk kerja nyata blogger kuper di tengah aksi hari kemerdekaan kemarin. Cekidot!


KERJA NYATA


Sungguh kerja nyata πŸ™‚
Dan inilah sebagian dari hasil kerja nyata blogger kuper tersebut :

Ruarr biasaah!!!

Selain kerja nyata sebagaimana terdapat dalam foto kuper tersebut, manusia kece yang terdapat pada foto tersebut juga melakukan kerja nyata lainnya. Apa itu? Tunggu kelanjutan cerita kuper ini besok hari pada hari dan jam yang sama.

Sekian, terima kasih.

Ayo kerja nyata!


MERDEKA ITU ……

Merdeka!!!

KEPADA MANTAN

Merdeka itu …..
Bebas ngomong ini ngomong itu ke mantan

Merdeka itu…..
Bebas senggol ini senggol itu ke mantan

Merdeka itu…..
Bebas beri ini beri anu ke mantan

KEPADA PACAR

Merdeka itu…..
Bebas main sini main situ tanpa izin terlebih dahulu

Merdeka itu…..
Bebas BBM-in si anu dan si itu dengan sebebas-bebasnya

Merdeka itu…..
Bebas ngebohongin kamu kapan saja

KEPADA SELINGKUHAN

Merdeka itu…..
Entahlah….
πŸ˜‰

KEPADA TEMAN

Merdeka itu…..
Bebas bohong ini bohong itu kapan saja

Merdeka itu…..
Bebas kadalin kamu kapan saja

Merdeka itu…..
Bebas manfaatin kamu sesuka suka gue

Merdeka itu…..
Kita bisa naik bulan bersama sembari menyanyikan lagu “SAHABAT-nya” SO7

Merdeka itu…..
Pokoknya selalu bersama walau kadang saling terluka dan melukai

KEPADA NEGARA

Merdeka!!!

Sudahlah… Daripada terlalu sibuk ber-ini ber-itu, berkhayal ini berkhayal itu, maka sebaik-baik mengisi kemerdekaan adalah berbuat baik untuk siapa saja, termasuk negeri ini.

Bagaimanapun kondisi keadaan negara ini, sebagai generasi muda yang kece dan tanpa ketebelece, sudah seharusnyalah memberikan yang terbaik untuk negeri ini. Kerja nyata! Mungkin itu kata sederhananya.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Segalanya menjadikan Republik ini menjadi negara yang makmur, aman, adil dalam naungan-Nya. Amiin.

DIRGAHAYU INDONESIA.
MERDEKA!!!

CORETAN BLOGGER KUPER

CORETAN BLOGGER KUPER- Selamat malam penduduk yang bercelana. Bagaimana kabar pacar kalian di malam yang gelap ini? Semoga dalam keadaan baik-baik saja. Ingat, pacar hanyala titipan. Suatu saat ia akan diambil oleh jodohnya. Waspadalah! Waspadalah!

Sengaja saya tulis judul postingan ini dengan judul seperti di atas, Coretan Blogger Kuper. 
Ah, lagi-lagi ganti… Lagi-lagi ganti… Makhluk apaan sih sebenarnya mas Darsono ini?
Makhluk kuper alias kurang pergaulan tentunya. Iya, serius! Darsono ini adalah manusia kuper dengan segala kekuperannya.
Kuper dengan yang namanya rokok. Kuper dengan yang namanya pergaulan bebas. Kuper dengan yang namanya dunia malam alias dugem. Dalam hal dunia malam, paling banter ya ngrondhani randha kempling. Wkwkwkwk.
Selain itu, masih banyak kekuperan lainnya yang menunjukkan bahwa Darsono ini memang benar-benar kuper alias kurang pergaulan. Mari kita bahas lebih lanjut dengan penuh ke-ngantukan πŸ™‚


CORETAN BLOGGER KUPER

Sebagai makhluk yang ganteng lagu bersahaja, sebetulnya saya ndak kuper-kuper amat dengan sesuatu yang bernama rokok. Sedari SMA saya sudah merokok. Bahkan kalau tidak salah, ketika saya nongkrong di bangku Sekolah Dasar-pun sudah pernah bergaul dengan rokok.
Kalau tidak salah, sekitar tahun 2002 an saya baru berhenti merokok. Itupun belum sepenuhnya diikhlasin sama bakul rokok langganan saya πŸ™‚
Tapi karena tekad saya sudah bulet seperti tahu yang harganya seribuan, loloslah saya dari copy scape si bakul rokok langganan saya. 
Sama dengan dunia malam yang identik dengan berbagai gemerlapnya (biasa disebut dugem).

Bukannya saya sok suci, tapi kebetulan saja saya juga pernah berkenalan tapi tidak terlalu dalam. Orang tua si dugem menolak hubungan kami. Wkwkwkwk.
Untuk pergaulan bebas apalagi. Saya sangat bebas bergaul, bahkan ada teman saya yang bilang kalau saya kebablasan karena mau berteman dengan siapa saja, termasuk dengan orang-orang yang kontras sekali perbedaannya dengan saya. Termasuk kalian wahai para penjahat kelamin. Hahahahaha….
Tapi kalau masalah pergaulan bebas dalam artian sempit alias kumpul kebo, alhamdulillah saya tidak melakukannya. 
Benar-benar KUPER kan saya?
CORETAN BLOGGER KUPER
Kuper bukan berarti tidak gaul. Iya gak sih? Iya saja deh πŸ™‚
Kuper bisa berwujud pada tindakan-tindakan manusia yang berjalan sesuai kodratnya.
Jujur, senang akan kebaikan, suka pada hal-hal yang benar, benci pada hal-hal yang salah adalah kodrat manusia.
Namun yang harus digarisbawahi bahwasanya manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Itu juga kodrat manusia.
Oleh karena itu, sekuper-kupernya saya pasti pernah berbuat salah. Tak ada yang sempurna. Dan ketidaksempurnaan itulah kesempurnaan kita yang sesungguhnya.
Salam kuper!

NASI RAMES DAN BIKER CEWEK

Dear para bikers yang super kece. Malam ini adalah malam ter-kampret dalam hidupku sepanjang satu minggu ini.
Bagaimana tidak terkampret-kampret, ke-machoan-ku yang sudah tenar seantero er te tiba tiba saja hilang bak pengantin baru yang diculik oleh sang mantan. Ugh, asem temenan! Wah, sebegitu lebaynya. Iya memang lebay. Tapi itulah yang terjadi. 
Begini ceritanya. Hari ini saya pulang sesore-sorenya. Gara-garanya sih selain banyak pekerjaan di tempat kerjaku, hari ini juga saya harus bolak balik mengantar barang-barang distro yang saya jual ke konsumen. Delapan jaket (merk Famous, Drop Dead, Brooklyn) dan lima pasang sepatu merk Caterpillar dan Nike harus sampai di tangan konsumen pada hari ini juga. 
Alhasil, saya pulang lebih sore dari biasanya. Selain itu, karena sampai saat ini saya masih mengkonsumsi obat, maka rasa kantuk akhirnya juga menjalari saya sore tadi. Tidur juga di rumah ibu πŸ™‚

NASI RAMES DAN BIKER CEWEK
Begitu sampai di rumahku surgaku, ternyata nasi dan lauk pauknya ZOONK!
Akhirnya dengan bermodalkan keyakinan bahwa kalau saya tidak beli nasi rames maka saya tidak akan makan malam, jadilah saya pergi ke kota lama Banyumas untuk sekedar membeli nasi rames. 
Ealah…. Dasar nasib lagi bagus, belum sampai di kota lama, hujan turun dengan indahnya. 
Dengan ajian seporete, saya bergegas menggunakan mantel sebagai alat perlindungan badan. Maklumlah, sebagai artis saya harus mampu menjaga diri saya sebaik mungkin. Sedia UPIL sebelum hujan. Mungkin seperti itulah pepatah mengatakan. Wkwkwkwkkwk…..
Dan nasib memang nasib. Tahukah kalian bahwasanya mantel yang ada di sepeda motor saya adalah mantel dengan model rok dan berwarna pink? Ugh! Ampun TJ!
Mantelnya yayang saya itu πŸ˜‰
Tapi biar bagaimanapun juga, kesehatan adalah hal utama setelah mantan. Terpaksalah memakai mantel itu πŸ™‚
Tiba di warung nasi rames, jelalat mata beberapa pria mengarah kepadaku. Saya hanya tersenyum simpul dan sampul. 
“Pengen gue lempar sendal sak isi-isinya  lu!” Begitu setan kecil dalam hatiku bicara… Aw aw aww…
“Berapa mbak?”

“Dua belas ribu mas!”
Wah, murah benar. Dua nasi rames yang berisi tiga lauk beserta nasi dadar masing-masing satu ternyata hanya dihargai dua belas ribu. Murah! Tapi itulah salah satu keistimewaan kuliner di kota lama Banyumas ini. Selain murah, enak adalah faktor yang tidak bisa dilepaskan dari para pedagang makanan di seantero kota lama ini.
Setelah membayar lantas saya keluar warung. Belum sempat motor saya starter, tiba-tiba saja nyelonong seorang biker dengan motor Apache-nya. Wuih, cewek!
Kontan mata kami beradu. Hmmm… Ada yang aneh dengan tatapan dan senyumnya itu.
Apakah dia kagum padaku? Sepertinya tidak!
Bagaimana mungkin kagum pada lelaki yang pakai mantel “aneh” kek ginian? Dan bagaimana mungkin pula dia suka sama lelaki “pengecut” yang bermantel ketika hujan? Maksudnya?
Dia tuh cewek. Tungganya motor laki, bukan motor cewek kayak saya πŸ™‚ Dalam hujan saya makai mantel. Dalam hujan dia hanya mengenakan jaket seadanya…
Argghhh…. Perdonseh!!! Rasa nganuku sebagai lelaki sungguh jatuh tertimpa tangga dan tertimpa nasi kotak satu karung. Warbiasah!

Seharusnya sebagai lelaki tulen dan tak kemayu seperti aku memakai motor “laki” seperti itu dan tak memakai mantel “mbingungi” ini. Tapi justru secara de facto, malah berkebalikan dengan biker cewek itu.
Rada malu sih. Tapi bagaimana lagi. Tukang bubur sudah naik haji, maka tunggu saja berikutnya adalah saya.
Hmmm… Benar-benar malam yang memalukan sekaligus mencengangkan. Andai dia tahu kalau saya sangat kagum pada cewek yang pakai motor “laki”, pasti dia akan mendekati saya sembari berkata, “Sini mas mendekat. Sudah minum kopi sianida belum?” Wkwkwkwkwk….
Akhirnya setelah saya sampai di rumah, saya makan tuh nasi dengan lahapnya dengan harapan segala peristiwa tadi malam terlupakan sudah. Tapi tidak mungkin kan? Lha wong saya tulis disini semua kejadian memalukan dan memilukan tadi πŸ™‚
Salam bikers!
Keep safety!

INI DIA, ALASAN KENAPA BERSEKOLAH SAMPAI SORE TIDAK SESUAI UNTUK ANAK-ANAK DESA

INI DIA, ALASAN KENAPA BERSEKOLAH SAMPAI SORE TIDAK SESUAI UNTUK ANAK-ANAK DESA- Assalaamu ‘alaikum para warga yang bercelana kolor dan bercelana luar. Apa kabar kalian di siang yang terik ini? Semoga kedamaian senantiasa bersama jiwa-jiwa kalian yang tenang wahai manusia yang beriman. Oh ya, jangan lupa untuk bahagia. Karena kebahagiaan adalah milik kalian, jangan sampai kebahagiaan itu terengut begitu saja dari diri kalian wahai rohayata dan rohayati. Keep happy and blogging of course πŸ™‚


Pada lanturan ngalor ngidul kali ini, saya yang notabene wong ndesa yang sedang berupaya untuk mendapatkan rezeki kota berniat untuk memuncratkan isi otak saya yang semenjak membaca postingan salah satu teman facebook saya, akhirnya saya ndak kekeh untuk menahan unek-unek ini.
Yupz, unek-unek ini berawal dari rumor yang katanya merupakan salah satu kebijakan yang akan diterapkan di lingkungan pendidikan di negeri tercinta ini. Namanya juga rumor, jadi jika ada kesamaan tokoh maupun tempat dan peristiwa itu semua tanpa kesengajaan dari saya πŸ™‚
Rumor (bisa juga kita sebut gosip-lah biar ramai) ini mulai berkembang di lingkungan pendidikan semenjak ada pergantian menteri yang baru. 
Seperti biasalah, ganti menteri, ganti kebijakan. Begitu slogan yang biasa terdengar dimana-mana, termasuk di alam maya πŸ™‚
Secara de facto menurut saya sih memang seperti itu. Lihat saja tuh yang namanya kurikulum. Sudah berganti berapa kali dia-nya? πŸ™‚ *Kalau kamu sudah berganti pacar berapa mblo? Jomblooo!!!!
Kalau kita mau melihat lebih dalam lagi, kenapa kurikulum itu berganti-ganti? Kenapa, ada apa, siapa penggagasnya, kebijakan atau sekedar obralan mahalan? Silahkan dinilai sendiri. Kebetulan pulpen saya lagi ilang, jadi ndak bisa kasih nilai mengenai masalah ini πŸ™‚
INI DIA, ALASAN KENAPA BERSEKOLAH SAMPAI SORE TIDAK SESUAI UNTUK ANAK-ANAK DESA
Kembali ke gosip atau rumor yang sedang berkembang saat ini. Konon, akan diterapkan sekolah sampai sore. Artinya apa? Artinya anak-anak peserta didik, termasuk guru dan semua tenaga kependidikan lainnya tentunya, akan juga bekerja sampai sore hari.
Ada hal yang menarik, kenapa anak-anak dipulangkan sampai sore? Katanya toh kalau di rumah pun tak ada orang tua. Orang tuanya sibuk betulin genteng coy! Halah… Sibuk cari harta tentunya. Akhirnya, pilihan sekolah sampai sore adalah hal yang bagus adanya. Katanya……..
Mari kita oprek masalah ini. 
Menurut pengamatan dan pengalaman saya, sekolah sampai sore mungkin cocok jika diterapkan untuk anak-anak kota. Kenapa? Alasannya ya itu tadi sudah disebutkan. Selain orang tua mereka bekerja sampai sore bahkan larut (mungkin juga kakek/nenek mereka ikut bekerja sampai sore/larut), kondisi lingkungan perkotaan yang penuh dengan “intrik” sepertinya adalah alasan yang tepat.
Intrik yang saya maksudkan disini adalah begitu kompleksnya permasalahan yang ada di kota. Permasalahan multi kompleks ini belum tentu bahkan mungkin tidak ditemukan di desa-desa.
Ia bisa berwujud apa saja, baik itu negatif maupun positif yang bisa mengakibatkan sesuatu pada diri si anak.
Dan alasan yang paling tepat untuk menghindari intrik negatif yang ada di kota itu adalah menyekolahkan anak sampai sore. 
Saya pikir ini efektif. Terbukti, ada beberapa anak teman saya yang senang jika dia bersekolah sampai sore. Katanya asyik. Pulang dan berangkatnya diantar oleh bunda dan ayahnya πŸ™‚
Secara psikis, jika dibandingkan bersama orang lain, yang namanya anak pasti lebih merasa nyaman jika bersama orang tuanya. Berangkat bersama orang tua. Pulang-nya-pun bersama orang tua. Bahkan ada yang sengaja pulangnya sembari mengajak anak-anaknya makan malam. Indah sekali bukan? Together is better πŸ™‚


INI DIA, ALASAN KENAPA BERSEKOLAH SAMPAI SORE TIDAK SESUAI UNTUK ANAK-ANAK DESA
Lalu bagaimana jika anak-anak kampung (seperti saya tentunya) juga sekolah sampai sore? Hmmm… Sepertinya kurang cocok ini.
Kenapa? Karena tak ada yang mencuri kacang tanah sembari mandi di kali Tajum itu lagi. Hahahaa… *Pengalaman πŸ™‚
Berbeda dengan manusia-manusia kota, di desa yang kebanyakan adalah buruh, petani, bahkan pengangguran (terbuka/tertutup) kayaknya kalau anak-anak mereka disuruh sekolah sampai sore, selain pengeluaran mereka bertambah (membeli makan siang/jajan untuk anaknya) keadaan rumah dan lingkungan bakalan sepi. Mbuehehe.
Tak ada lagi anak-anak yang sekedar bermain kelereng atau layangan. Tak ada lagi anak-anak yang bermain petak umpet atau mungkin congklak di emperan rumah. Tak ada lagi suara-suara berisik dan tangisan karena bertengkar rebutan apem misalnya. Pokoknya sepi! 
Disamping itu, lingkungan sosial kampung tidaklah serumit sebagaimana lingkungan sosial di kota. Memang secara sosial banyak yang berubah akhir-akhir ini. Tapi secara keseluruhan, lingkungan sosial kampung masih sangat bersahaja dengan anak-anak. Tak terlalu banyak intrik coy!
Keramahaan dan kepedulian adalah nilai-nilai yang masih terjaga. Setidaknya, jika di kota mungkin tak ada siapa-siapa dirumah, kalau di desa masih ada nenek dan kakek yang sangat setia untuk bermain dengan cucu-cucunya πŸ™‚
Jika tak ada nenek/kakek, masih ada saudara yang dengan bahagia berkenan merawat anak-anak itu. Terpaksa sekali tak ada siapa-siapa, maka masih ada tetangga yang dengan senang hati ikut menjaga anak-anak kita. Itulah kampung πŸ™‚
INI DIA, ALASAN KENAPA BERSEKOLAH SAMPAI SORE TIDAK SESUAI UNTUK ANAK-ANAK DESA
Tapi mas, bukankah saat ini nilai-nilai kampung yang mulia itu juga sudah mulai tergerus zaman? Memang saya akui dan saya rasakan. Tapi belum mengarah ke perubahan yang signifikan sebagaimana di kota. Oleh karena itulah diperlukan manusia-manusia seperti kamu, iyaaa.. kamuuu…. Untuk berpatisipasi menjaga nilai-nilai lokal yang adiluhung itu.
Mau jadi katalisator kan? Mauuu!!!  Bagus πŸ™‚
Saya pikir ngelantur ini sudah berlebihan. Jujur, inti dari tulisan ini adalah pada akhir paragraf ini. Masa kecil adalah masa bermain. Saya pikir orang-orang yang pernah mengenyam pendidikan yang tinggi itu sudah paham betul akan hal ini. 
Banyak sekali manfaat dari sesuatu yang bernama permainan itu. Bukan hanya mengasah kecerdasan motorik saja, bahkan dengan permainan inilah anak-anak akan mendapatkan berbagai kecerdasan yang diperlukan ketika ia besar nanti.
Bukankah di sekolah juga bisa bermain mas? Betul. Di sekolah setiap anak bisa bermain. Tapi tidak setiap permainan bisa dimainkan di sekolah. Dan permainan terbaik adalah permainan yang sesuai dengan keinginan si anak. Tanpa embel-embel apapun dan tanpa “larangan” apapun πŸ™‚ 
Bagaimana menurut Anda?
“Jangan biarkan anak-anak kehilangan masa bermain mereka. Jika masa bermain mereka hilang ketika anak-anak, maka mereka akan bermain-main ketika usianya tua nanti. Termasuk dalam bentuk permainan ini adalah korupsi.”  *sok banget yak saya?

Kalau tidak salah, kata-kata itu terucap dari seorang budayawan termasyhur di negeri ini. Iya kan c*k? Hehehe…

Salam blogger!!!
Wassalam πŸ™‚

AKHIRNYA, SI BINGGO MENINGGALKAN SAYA

Selamat pagi para bikers yang terhormat dan gagah berani seperti oom Gathotkaca. Semoga motor kalian masih ada dalam genggaman, keadaan siap untuk touring dan siap pula untuk diboncengin sama selingkuhan kalian masing-masing… Upz! Diboncengin kekasih hati tentunya πŸ™‚

Sebagai penggemar motor klasik, pada dua minggu terakhir ini saya hanya bisa termehek-mehek. Kenapa bro? Karena saya harus berpisah dengan si Binggo.

Yupz, dengan berat hati saya harus melepas kepergian si Binggo. Upacara pelepasan dilakukan di dapur mungil saya. Ditemani kembang tujuh rupa dan air dari embun dedaunan pulau terdalam di Jawa. saya melepas kepergiannya. Tak lupa, lantunan lagu cir gobang gocir dan lagu kebangsaan si Binggo saya putar demi melepas kepergiannya.

Kurang lebih satu tahun saya bersama si Binggo. Motor GL 100 yang tak modif menjadi motor Honda CB klasik itu sungguh membanggakan. Okelah mesinnya tua, tapi nafasnya dawa (panjang).

Sebenarnya saya menyayangkan perginya si Binggo (baca, JUAL). Tapi bagaimana lagi, selain sudah ada satu motor yang hemat cermat dan bersahaja, ternyata saya juga harus bersegera mungkin melipatgandakan barang jualan online saya (kaos distro, sepatu, tas, dan rencananya ditambah  topi). 
Demi nyai… Kurang lebih seperti itu.. Hihihiy….

Alhamdulillah beberapa hari terakhir permintaan barang-barang yang saya jual mengalami peningkatan. Sebagai juragan yang pintar dan handal, maka saya harus bermain strategi yang matang. Apa itu? meningkatkan kuantitas barang! Hehehehe….

Sebenarnya ada cara lain selain menjual si Binggo, tapi setelah saya sering membaca tulisannya pak de Saptuari Sugiharto di facebook, akhirnya saya memutuskan untuk melepas si Binggo. πŸ™

Sedih ya mas Darsono? ya iyalah! Proses untuk mendapatkan si Binggo sungguh menguras waktu, tenaga, pikiran dan uang tentunya. Disamping itu, salah satu cita-cita termulia saya adalah memiliki motor HONDA CB klasik. Nah lho, gemana ndak sedih?

Tapi bagaimana lagi, hidup adalah pilihan. Mau pilih janda atau perawan, itu terserah kita. Yang penting, rasanya bung!

Begitulah hidup. Dan yang pantas kita catat, bahwasanya kita hidup adalah untuk kehidupan kita pada kehidupan selanjutnya. So, marilah kita menanam padi di langit sana. Malah judul ebook…

Dari sekian pengalaman saya dengan si Binggo, pengalaman yang paling mengasyikkan adalah ketika si Al Kindi selalu saja minta naik ketika melihat si Binggo di halaman rumah kami πŸ™‚

Siapakah si Al Kindi? Suatu hari akan saya ceritakan siapa dia. Mbuehehe… Rencananya sih akan menjadi topik tersendiri dalam blog saya yang lain πŸ™‚

Yupz, setiap si Binggo baru sampai di halaman, si Al Kindi selalu minta naik dan langsung muter-muter di lingkungan kompleks rumah kami. Bukan hanya itu, biasanya si Binggo adalah teman setia saya dan AL Kindi setiap akhir pekan. Jalan-jalan man!

Mungkin, selain saya yang merasa kehilangan si Binggo, sepertinya bakalan ada satu lagi yang merasa kehilangan motor CB itu. AL KINDI………….

Sabar ya Al… Semoga bisa beli motor CB klasik lagi…

Amin…

si Binggo

DAPODIK DAN BLOGWALKING

DAPODIK DAN BLOGWALKING – Assalaamu ‘alaikum dan selamat pagi untuk penduduk di mayapada ini. Sudahkah kamu ngopi di pagi ini? Jika belum, sarapanlah!

Karena sarapan bisa mencegah kamu dari rasa lapar. Percayalah… Percayalah! *Sambil melambaikan lidah πŸ˜‰

Sebelumnya saya minta maaf sama minta roti pada teman-teman blogger yang kebetulan saja dan secara sengaja dalam beberapa hari ini saya belum sempat berkunjung ke blog kalian. Kalau ditanya alasannya, jawabannya sudah sangat jelas dan sangat klise. Apakah itu? Saya lagi nggak klimaks! Halah…
Biasalah, yang namanya tahun pelajaran baru, manusia ganteng dan berkacamata seperti saya pastilah diidolakan oleh seorang penggemar yang bernama laptop πŸ™‚
Dia selalu menanti kehadiran saya. Gombalan-gombalan saya yang tidak bermutu, atau bahkan cubitan-cubitan mesra saya yang saya buat seolah-olah mesra sekali ternyata juga tidak mengurungkan niatnya untuk selalu menunggui saya saban harinya. 
Bayangkan saja, si laptop ini dengan sangat setianya menunggui saya mulai dari jam tujuh pagi sampai sore. Kadang jam setengah empat, kadang jam setengah lima, Itu baru sorenya! Malamnya, si laptop ini masih dengan setia menemani saya. Biasanya sampai jam satuan tuh si dia nemenin saya.
Wah, alesan sekali mas! Moso ndak bisa blogwalking? Bukankah bisa disambi? *Gludak!

DAPODIK DAN BLOGWALKING
Sudah saya sampaikan di atas, tahun pelajaran baru pastilah banyak pekerjaan baru. Tugas sebagai operator Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) sungguh sangat mengasyikkan dan melenakan. Hehehe. Selain harus memahami proses pengisian beserta tetek bengeknya, kita juga dikejar oleh sesuatu yang bernama garis mati alias deadline. *kaya wartawan tivi sebelah πŸ™‚
Bagi teman blogger yang belum tahu apa itu DAPODIK, silahkan search di browser kalian. Saya sarankan searchingnya pakai GOOGLE CHROME. 

Kenapa disarankan pakai Google Chrome? Ya karena saat ini  saya adalah Publisher Google Adsense. Mbuehehhee….

Intinya sih, DAPODIK itu adalah sebuah program dari Pemerintah, khususnya adalah Kemdikbud, yang diwujudkan melalui web pengisian. 
Adapun web DAPODIK ini berisi tentang segala hal yang berhubungan dengan sekolah. Banyak banget man!

Ada fitur sekolah, sarana prasarana (Gedung, air, buku dan lainnya), data siswa, data pendidik dan tenaga kependidikan, jumlah rombongan belajar/kelas, jadwal mengajar dan data mantan tentunyaeh! 
Dari tab-tab tersebut, masih banyak tab-tab lainnya yang ada di bawahnya. Sub menu lah gitu πŸ™‚ Pokoknya joss gandos tenan πŸ™‚
Jika setiap tahun sudah mendata, kenapa diadakan pendataan ulang? Nah itu dia. Yang namanya data pastilah berubah-ubah. Dan beberapa tahun sekali selalu ada pembaruan web DAPODIK. Ini juga kadang yang jadi masalah.
Web baru belum tentu support dengan laptop/PC yang kita miliki. Disitulah kadang saya merasa lapar πŸ™‚
Ya namanya juga bahasa program, kadang bisa dipahami, kadang juga tidak bisa dipahami. Ya kayak bahasa cinta gue ke elu gitu…. Wwkwkwkwk…
Akhir kata, semoga beberapa hari atau mungkin saat ini , saya bisa nengokin blog kalian yah!
Mbuehehe…
Buat para operator DAPODIK, salam satu data! Bersatu kita teguh, bercerai jangan ke Teguh… Cobalah cari si Emon atau si Sigit. Wkekkekk…

Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan cara berolahraga naik gunung sebanyak tiga kali dalam tiga jam πŸ™‚
Wassalam.