Modal kamu cekak? Pilih Bisnis Online yang Satu Ini

Posted on

Ada berbagai pilihan bisnis online yang bisa dijalankan oleh kita.

Namun jika modal kita cekak, kira-kira bisnis apa yang cocok dengan keadaan kita itu?

Hmmm, bisnis adalah bisnis.

Modal tak bisa dilepaskan dari bisnis.

Jika kalian pernah mendengar bahwa bisnis online tak memerlukan modal, maka tolong, jangan pernah telan mentah-mentah perkataan orang tersebut.

Sejak 2009 saya berjualan online. Jatuh bangun adalah hal yang biasa saya alami.

Sedangkan bisnis konvensional saya jalankan sejak tahun 2001 selepas saya menyelesaikan studi komputer aplikasi bisnis administrasi perkantoran dan ekspor impor. Panjang banget kan?

Oke lanjut…

Pada awalnya saya beranggapan bahwa bisnis online lebih mudah… Lebih simpel… Tak butuh modal banyak, cukup sinyal internet. 

Itulah mindset saya pertama kali ketika dulu terjun ke bisnis online.

Tapi apa yang terjadi saudara-saudara…. Ternyata saya keliru.

Bisnis online tetaplah membutuhkan modal. Butuh strategi, kudu paham tekniknya, paham ilmunya, DAN TAK SESIMPEL yang saya bayangkan dulu.

Bahkan tak sedikit cuan yang terbuang untuk sekedar menghidupkan satu jenis bisnis online.

Saya tak akan berpanjang lebar. Langsung tunjlep point saja.

Ketika saya sudah mulai kehilangan modal banyak, bahkan nyaris profit tak ada, saya mulai berpikir bagaimana caranya dengan modal yang ketika itu tak lebih dari satu juta untuk bisa mendapatkan profit yang sebanyak-banyaknya.

Dan ketemulah saya dengan model bisnis dropship. Jadilah saya dropshipper.

Alhamdulillah ada supplier yang mau saya bayar ketika produk mereka sudah laku saya jualkan.

Apa itu dropshipper?

Dropshipper adalah orang yang memasarkan produk dari produsen, supplier, atau distributor tanpa membeli stok barang dahulu.

Jadi pelaku dropship tidak memiliki stok barang dan hanya memasarkan produk melalui media sosial atau toko online.

See also  Peluang Bisnis Online Terbaru Mei 2021

Tips menjadi dropshipper sukses

Nah, agar kita mendapatkan penghasilan yang banyak sebagai dropshipper, berikut tips-tips yang saya dapatkan dari pengalaman pribadi maupun teman-teman saya sesama pelaku dropshipper yang terbilang sukses.

Pertama, cari supplier yang amanah. Amanah dalam artian orang/perusahaan yang kita ambil produknya tersebut benar-benar supplier. Pastikan stok produk mereka aman, tersedia banyak. Sehingga ketika ada orderan dari pembeli, kita tak kebingungan lagi. Tolong catet, banyak sekali dropshipper yang dianggap sebagai supplier lho yah…. Lain kali kita bahas disini… Hehehe.

Kedua, cari produk yang profitnya tinggi. Saya sarankan minimal lima puluh ribu rupiah. Profit tinggi yang saya maksud biasa memang dari si suppliernya kita dikasih profit segitu. Atau bisa juga kita up harga produk dari supplier hingga nilai yang saya sebutkan tadi(lima puluh ribu rupiah).

Ketiga, jual produk kita di berbagai platform online. Jangan terpaku pada satu platform saja. Jual secara brutal di marketplace, facebook, instagram, youtube, tiktok dan lainnya. Telegram dan WA misalnya.

Keempat, bikin tim penjualan. Poin ketiga tidak akan bisa optimal jika kita tidak memiliki tim work yang kuat dan dahsyat tentunya. Hehehe. Jangan raggun untuk merekrut tim. Mereka ibarat “pohon uang” bagi usaha yang sedang kita jalankan. Semakin banyak tim, seharusnya semakin banyak cuan yang masuk ke kantong kita.

Kelima, belajar manajemen bisnis. Saran saya, ikuti berbagai seminar dari ahlinya langsung. Bagaimana kita tahu dia ahli? Mudah saja…. Kan ada sosmed… Hehehe… Cari tahu sebaik mungkin tentang para pakar bisnis online. Belajar dari mereka. Minimal, belilah buku-buku dari mereka tentang bisnis dan manajemen.

Keenam, kerjakan amal kebajikan sesuai dengan tuntunan agama. Shalat lima waktu, zakat, sedekah, infak, kasih sayang ke semua orang, tidak mencaci dan lain sebagainya…

See also  5 hal yang harus dipersiapkan oleh calon pebisnis online

Ketujuh, istiqamah….   Setelah semua kita lakukan, saatnya istiqamah. Menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT, Tuhan Seru Sekalian Alam. Karena Dialah segala sesuatu bisa datang dan pergi. Termasuk kesuksesan.

Sekian postingan mengenai bisnis online dengan modal cekak. Semoga bermanfaat.

Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silahkan share kepada keluarga, saudara, teman, sahabat sehingga lebih banyak lagi orang-orang yang merasakan manfaatnya.

Salam sukses!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *