Asuransi Kapal Laut, Apakah Penting?

Asuransi Kapal Laut Apakah Penting?

Asuransi kapal laut merupakan bentuk perlindungan yang wajib dimiliki oleh para pemilik dan pengelola kapal. Di Indonesia, jenis asuransi ini masih jarang dikenal oleh masyarakat. Namun, penting untuk memahami bagaimana asuransi kapal berfungsi dan mengapa ia menjadi bagian integral dari industri pelayaran.

Pengertian Asuransi Kapal Laut

Asuransi kapal laut adalah bentuk asuransi yang berhubungan dengan kapal laut dan muatannya. Asuransi ini menanggung segala risiko akibat bahaya di laut selama pelayaran tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, risiko meliputi berbagai kemungkinan, seperti cuaca buruk, tenggelam, tabrakan, kebakaran, dan pencurian dengan kekerasan.

Asuransi Kapal Laut
Sumber

Jenis-Jenis Asuransi Kapal

Ini dia.

1. Builders Risk Insurance

Jenis asuransi ini memberikan jaminan atas kerugian dan kerusakan yang terjadi pada materi pokok rangka kapal selama periode asuransi berlangsung. Objek yang bisa dipertanggungkan meliputi hull & machinery yang sedang dibangun pada dock yard atau tempat kontraktor. Asuransi ini juga mencakup mesin yang diasuransikan selama periode konstruksi yang dilakukan oleh sub-kontraktor. Perusahaan yang memerlukan jenis asuransi ini antara lain perusahaan pembangunan kapal, sub-kontraktor pembangunan kapal, perusahaan pemesan kapal, dan perusahaan pembiayaan pembangunan kapal.

2. Marine Hull Insurance

Rancangan asuransi ini khusus untuk memberikan jaminan komprehensif terhadap kapal, mesin, dan perlengkapannya dari bahaya laut dan risiko pelayaran. Marine Hull menjamin risiko seperti cuaca buruk, tenggelam, tabrakan, kebakaran, dan pencurian dengan kekerasan. Bagi kapal yang berlayar ke luar negeri dan berukuran di atas 300 GT, memiliki asuransi penyingkiran kerangka kapal juga menjadi kewajiban3.

Manfaat Asuransi Kapal

  • Perlindungan Finansial: Asuransi kapal melindungi pemilik kapal dari kerugian finansial akibat kerusakan atau kehilangan kapal dan muatannya.
  • Kepatuhan Hukum: Pemilik kapal yang mengabaikan ketentuan asuransi berisiko mendapatkan sanksi administratif dan bahkan pencabutan izin operasional.
  • Keamanan Operasional: Dengan asuransi kapal, pemilik kapal dapat memastikan kelancaran operasional, termasuk pemanduan, sandar, dan bongkar-muat.

Kesimpulan

Asuransi kapal laut adalah investasi yang bijaksana bagi para pemilik kapal. Dengan perlindungan yang komprehensif, mereka dapat mengurangi risiko finansial dan memastikan kelancaran operasional kapal mereka di lautan yang luas. Jadi jika Anda bertanya apakah Asuransi kapal laut itu penting? Maka jawabannya adalah sangat penting.

Sekian artikel mengenai asuransi kapal laut, semoga bermanfaat, khususnya untuk teman-teman yang berprofesi sebagai pengusaha kapal laut. Salam sukses.

Tinggalkan komentar