Asuransi Kapal Laut, Syarat dan Ketentuan

Asuransi Kapal Laut, Syarat dan Ketentuan

Jika teman-teman ingin mengikuti program asuransi kapal laut, semoga informasi dalam artikel ini bisa membantu.

Syarat dan ketentuan asuransi kapal laut

 

Asuransi kapal laut memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh pemilik kapal. Berikut adalah beberapa syarat yang perlu diperhatikan:

  1. Jenis Kapal, Usia, dan Tonase (GRT): Jenis kapal, usia kapal, dan berat kotor (Gross Tonnage) memengaruhi premi asuransi. Kapal-kapal dengan karakteristik berbeda akan memiliki penilaian risiko yang berbeda pula.
  2. Trading Area atau Navigasi: Area pelayaran kapal juga memengaruhi premi. Kapal yang berlayar di perairan lokal mungkin memiliki risiko yang berbeda dengan kapal yang berlayar di perairan internasional.
  3. Klasifikasi Kapal: Klasifikasi kapal oleh lembaga klasifikasi seperti Lloyd’s Register atau Bureau Veritas memainkan peran penting dalam penentuan premi. Kapal yang memiliki klasifikasi yang baik akan mendapatkan premi yang lebih baik.
  4. Luas Jaminan dan Limit of Liability: Pemilik kapal perlu memilih jaminan yang sesuai dengan kebutuhan dan risiko kapal. Beberapa pilihan jaminan meliputi comprehensive navigational perils, total loss, dan lain-lain.
  5. Manajemen dan Kepemilikan Kapal: Pengelolaan kapal yang baik dan kepemilikan kapal yang stabil juga menjadi pertimbangan dalam penentuan premi.
  6. Pengalaman Asuransi dan Klaim (Loss Record): Riwayat klaim dan pengalaman asuransi sebelumnya juga memengaruhi penilaian risiko dan premi.

Ingatlah bahwa setiap perusahaan asuransi mungkin memiliki ketentuan yang sedikit berbeda. Sebaiknya konsultasikan dengan perusahaan asuransi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan asuransi kapal laut.

Sumber : Google.com

Tinggalkan komentar