Cara Menghilangkan Tikus di Rumah dengan Cara Alami

masdarsono.com-Cara Menghilangkan Tikus di Rumah dengan Cara Alami

Tikus adalah hewan pengerat yang sering kali menjadi masalah di rumah. Mereka dapat merusak makanan, perabotan, dan bahkan kabel listrik. Jika Anda ingin menghilangkan tikus di rumah tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya, ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah beberapa metode yang efektif untuk mengusir tikus dari rumah Anda:

1. Menjaga Kebersihan Rumah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga kebersihan rumah. Tikus biasanya datang ke rumah mencari makanan dan tempat tinggal yang nyaman. Jadi, pastikan untuk membersihkan rumah secara teratur dan menjaga makanan serta sampah terkemas dengan baik. Jangan biarkan sisa makanan tercecer di lantai atau di tempat sampah yang terbuka.

Anda juga perlu memastikan bahwa semua celah atau lubang di dinding atau lantai yang mungkin menjadi pintu masuk tikus telah ditutup dengan rapat. Tikus dapat masuk melalui celah yang sangat kecil, jadi pastikan untuk memeriksa dan memperbaiki segala kerusakan pada rumah Anda.

2. Menggunakan Bau yang Tidak Disukai Tikus

Tikus memiliki penciuman yang sangat tajam, dan mereka tidak menyukai bau tertentu. Anda dapat menggunakan bau-bauan ini untuk mengusir tikus dari rumah Anda. Beberapa bahan alami yang bisa Anda coba adalah:

  • Peppermint oil: Tikus tidak suka dengan aroma peppermint oil. Anda dapat meneteskan beberapa tetes minyak peppermint pada kapas dan menaruhnya di tempat-tempat yang sering dilalui tikus.
  • Serai: Tikus juga tidak suka dengan aroma serai. Anda dapat menanam tanaman serai di sekitar rumah atau menggunakan minyak serai yang diencerkan sebagai semprotan.
  • Daun mint: Tikus tidak menyukai bau mint. Anda dapat menaruh beberapa daun mint di tempat-tempat yang sering dilalui tikus.
Baca Juga  Miliki Sound Bar Dengan Kualitas Terbaik di Rumah

Pastikan untuk mengganti bahan-bahan tersebut secara teratur karena aromanya akan hilang seiring waktu.

3. Menggunakan Perangkap Tikus

Jika tikus sudah ada di rumah Anda, Anda dapat menggunakan perangkap tikus untuk menangkap mereka. Ada beberapa jenis perangkap tikus yang dapat Anda gunakan:

  • Perangkap hidup: Perangkap ini akan menangkap tikus hidup-hidup sehingga Anda dapat melepaskannya ke tempat lain setelah menangkapnya.
  • Perangkap lem: Perangkap ini menggunakan lem yang lengket untuk menahan tikus. Namun, Anda perlu memeriksa peraturan dan undang-undang setempat sebelum menggunakan perangkap lem karena ada beberapa daerah yang melarang penggunaannya.
  • Perangkap makanan: Perangkap ini menggunakan makanan sebagai umpan untuk menarik tikus masuk ke dalam perangkap.

Setelah menangkap tikus, pastikan untuk melepaskannya ke tempat yang aman dan jauh dari rumah Anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan tikus di rumah dengan cara alami. Penting untuk diingat bahwa cara-cara ini mungkin membutuhkan waktu dan kesabaran untuk memberikan hasil yang efektif. Jika masalah tikus di rumah Anda terus berlanjut, sebaiknya Anda menghubungi profesional pengendali hama untuk mendapatkan bantuan yang lebih lanjut. Atau langsung gunakan produk dari racoon ini. Terbukti ampuh dan tidak butuh waktu lama.

Tinggalkan komentar